Semau Memahami Alamnya

Kondisi alam di pulau mengalami perubahan dari tahun ke tahun, seperti perubahan tutupan lahan, ketersediaan air dan keadaan geologi pulau. Masyarakat di Pulau Semau perlu untuk mengetahui perubahan tersebut sehingga dapat bersama-sama mencari solusi untuk keberlanjutan alam mereka. Mitra GEF SGP Indonesia wilayah kerja Pulau Semau bekerja sama dengan akademisi dari Fakultas Pertanian Univ. Nusa Cendana, Bapak Norman Rihu Kawo, telah melakukan kajian bentang alam. Hasil dari kajian tersebut kemudian disampaikan kepada masyarakat lewat diskusi kelompok terpusat di desa-desa Patner program.

Kajian ini disampaikan oleh Direktur Pikul Torry Kuswardono bekerja sama dengan Mitra CIS Timor dan Geng Motor Imut. Tanggal 16-17 Juli 2019, presentase dilakukan di Desa Uiasa dan Batuinan Kecamatan Semau. Peserta yang hadir merupakan para tokoh adat (Kaka Ama), perangkat desa serta perwakilan warga sebagai pengguna manfaat alam. Setelah presentase diadakan diskusi terpisah berdasarkan jenis kelamin (perempuan dan laki-laki) untuk mendapatkan informasi terkait dengan ketersediaan air dan perubahan tutupan lahan di desa mereka.

Di akhir dari pertemuan, warga bersepakat untuk melindungi hutan dan merencanakan pembentukan lembaga untuk mengelola air. Mitra CIS Timor dan Geng Motor Imut yang bekerja di kedua desa tersebut akan memastikan keberlanjutan dari kelembagaan tersebut serta rencana tindak lanjutnya kedepan.

 

Penulis oleh Adriana Nomleni dan Ani Suyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *