Visioning UFE Kupang Berkebun!

visioning-kupang-berkebun1Dalam rangka program Kupang Berkebun!, Pikul, Koar dan Muslim Aid melaksanakan visioning bagi para relawan UFE (Urban Farming Extention), pendamping pertanian kota untuk program Kupang Berkebun!.

Visioning yang dilaksanakan pada 20 – 25 Maret 2013, di kantor PMPB, Airnona, Kupang ini bertujuan untuk mempersiapkan para pendamping sebelum mereka diturunkan untuk bertemu dengan warga kota Kupang yang tertarik untuk mengikuti Kupang Berkebun ini.

Pelatihan ini diikuti 12 calon UFE dan diisi dengan materi dasar visioning seperti pendekatan berbasis aset (Asset Based Approach), Penyelidikan Apresiatif (appreciative Inquiry), teknik fasilitasi, dan dasar-dasar teknik pertanian kota seperti teknik vertikultur dan modifikasinya, penerapaan teknik bertani yang hemat tempat dan air serta teknik perawatan bebas pestisida yang selaras alam.

visioning-kupang-berkebun2“Saya senang sekali. Ini bagian dari mimpi saya. Orang Kupang harus mampu jadi produsen dan konsumen, minimal sayur.” jelas Mory Peni, salah satu peserta visioning ini. Mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana ini tertarik menjadi UFE pertanian kota karena bertani adalah hobinya.

Kupang Berkebun! (KB!) adalah inisiasi untuk mengembangkan model urban farming mudah, murah, organik dan yang sesuai konteks kota Kupang serta siap untuk ditularkan secara lebih luas. Lengkap tentang urban farming (pertanian perkotaan).

Yang ingin bergabung dalam gerakan ini silahkan me”like” halaman facebook Kupang berkebun di http://www.facebook.com/kupangberkebun dan ikuti infonya di halaman facebook ini. *** (danny w)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *