Mengapa Kami Menggunakan Linux

“To be able to choose between proprietary software packages is to be able to choose your master. Freedom means not having a master. And in the area of computing, freedom means not using proprietary software.”

-Richard M. Stallman

 

UNGKAPAN Richard M. Stallman adalah ungkapan yang sesuai dengan apa yang dipercayai Pikul, kebebasan untuk berkarya untuk berproduksi tanpa menyembah atau bergantung pada tuan-tuan tertentu. Bagi kami menggunakan GNU/Linux adalah ekspresi kebebasan, ekspresi hak untuk berproduksi dan berkarya.

mengapalinux2

Kebebasan ini bukan hanya karena GNU/Linux memiliki sumber-sumber yang bebas, dapat dikembangkan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Tetapi juga soal pilihan, pilihan yang begitu luas dan beragam yang dikembangkan oleh ribuan orang. Kita tidak perlu tergantung dan menguras kocek terlalu banyak, karena ilmu dan pengetahuan selalu terbuka dan dibagi dalam GNU/Linux.

Lebih dari itu, GNU/Linux adalah hasil karya dari sebuah solidaritas, dari kolaborasi ribuan orang yang dengan rendah hati berdialog, berdiskusi, menciptakan karya bersama yang tidak memuja atau meninggikan satu persatu orang atau kelompok. Tetapi adalah buah karya bersama, buah karya hubungan manusia yang indah, manusiawi, dan bersolidaritas. Pengembangan sistem operasi atau aplikasi GNU/Linux tidak mengenal rentang tali kuasa yang berujung siapa diupah dan siapa mengupah, siapa yang memiliki kuasa menentukan atau siapa yang harus diperintah. Bahkan kita tidak tahu siapa yang memimpin sesungguhnya pengembangan GNU/Linux ini.

Kerendah-hatian GNU/Linux dan niatnya agar membuat semua orang mampu mengakses teknologi komputasi juga membuat kami sepaham dengan GNU/Linux. GNU/Linux tidak pernah mensyaratkan penggunaan hardware terbaru dan terbaik. Bahkan dengan kernel terbarunya pun tetap bisa digunakan oleh komputer-komputer lawas dengan handal. Apa maknanya? Konsumsi kita atas barang bisa ditekan, karena tak perlu lagi sibuk mengganti komputer karena sistem operasi yang baru menuntut demikian. Artinya menggunakan linux, bisa berkontribusi pada lingkungan untuk menjadi lebih baik.

Atas kesamaan inilah, kami kemudian percaya bahwa menggunakan GNU/Linux adalah bagian dari apa yang kami yakini dalam berkarya. Bagi kami menggunakan GNU/Linux adalah bagian dari ekspresi perjuangan merebut kebebasan, kebebasan berkarya, bersolidaritas, dan berbagi menciptakan dunia yang lebih adil, warga yang berdaulat dan memiliki kebebasan sejati. ***(Torry Kuswardono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *