PIKUL Mendukung gerakan #KupangBatanam

kupang-batanam-1

Pada 25 Februari 2017 diadakan Launching gerakan #KupangBatanam di kantor PIKUL, Kupang. Launching ini menandakan dimulainya gerakan #KupangBatanam, sebagai sebuah gerakan warga untuk kampanye keadaulatan pangan di Kota Kupang, NTT.

Gerakan #KupangBatanam diinisiasi oleh semangat beberapa anak muda Kota Kupang yang tergabung dalam kelompok Pribadi Peduli Tani (PIPET) yang kemudian ini ini menyebar di komunitas TOPANG (Kitong Anak Muda Kupang Peduli Kedaulatan Pangan) dan kemudian didukun oleh PIKUL.
PIKUL mendukung proses inisiasi #KupangBatanam dalam aspek penguatan visi dan perencanaan tahap awal gerakan ini. Hal ini diwujudkan dalam pelaksanaan workshop Launching gerakan #KupangBatanam. Dalam workshop ini juga dilakukan perumusan visi bersama untuk menjadi visi dari gerakan #KupangBatanam, materi-materi pertanian dan prkatek, yang dibawakan oleh 2 praktisi Urban Farming di Kupang, Ibu Lenny Mooy, SP, Msi dari komunita PIPET (Pribadi Peduli Tani) dan Frits Nggili, SPt, Msi dari Geng Motor IMuT.

Gerakan #KupangBatanam ini didasari oleh pemahaman bahwa dalam masyarakat perkotaan, pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman pangan belumlah menjadi sebuah kebiasaan. Padahal pekarangan merupakan sumber daya lahan yang sangat potensial bagi upaya penciptaan ketersediaan pangan keluarga,

Dalam sambutannya, Torry Kuswardono, Direktur PIKUL menguraikan bahwa kegiatan ini akan menjadi suatu titik refleksi untuk persoalan pangan di kota Kupang. “Dengan semangat ini kita mencoba untuk belajar bertani, di tengah hadirnya paradoks bahwa di Desa pun anak mudanya sendiri sudah jarang yang mau bertani. Hadirnya gerakan ini akan menjadi poin alternatif dan terobosan. Selama ini orang fokus pada persoalan bagaimana cara memberi makan sejumlah masyarakat atau penduduk, maka terobosan yang dibuat adalah dengan merubah fokus yaitu bukan soal “cara” tapi soal “kemampuan” untuk memproduksi pangan baik dalam skala yang terkecil sampai yang terbesar.” jelasnya.

Kegiatan workshop diakhiri dengan praktek pembuatan pupuk bokashi dan praktek pembuatan bibit sayur, yang kemudian dibawa pulang oleh peserta untuk ditanam.

Bagi warga kota Kupang yang ingin terlibat dalam gerakan #KupangBatanam ini dapat bergabung di grup facebook #KupangBatanam di link: https://www.facebook.com/groups/502903616765280/ ***